Ditengah gempuran iklan digital yang mengambil alih sebagian hidup kita, muncul pertanyaan akan berapa lama bentuk periklanan lain mampu bertahan.

Menjawab pertanyaan itu, yakinlah iklan luar ruang tetap bertahan bahkan semakin berkembang dan semakin kreatif.

Tidak seperti bentuk periklanan lainnya, iklan billboard mampu bersaing dengan pengalih perhatian yang benar-benar ekstrem. Kecepatan kendaraan, jalan terbuka dan jarak yang membuatnya tidak terbaca, dan masih banyak lagi menjadi tantangan yang mengasyikan,

Untuk mengatasi tantangan ini, para pelaku kreatif telah menemukan berbagai aturan praktis dan praktik terbaik yang sering kali menghasilkan pendekatan yang luar biasa dan menarik. Iklan unik yang benar-benar luar biasa merupakan penemuan yang agak langka. Iklan kreatif yang dirancang para ahli menggabungkan keterbacaan, daya ingat, dan daya tarik.

Skenario Iklan Kreatif dan Cerdas

Berikut ini salah satu contoh skenarionya. Anda sedang melaju di jalan raya, fokus mengemudi sambil menengarkan lagu-lagu favorit sekeras-kerasnya. Kondisi ini memerlukan pengalihan serius untuk mencuri perhatian Anda. Tiba-tiba muncullah pizza yang “sangat keju” dan tak tertahankan, seukuran mobil Anda. Anda tiba-tiba ingat bahwa Anda kelaparan.

Iklan papan reklame adalah salah satu desain terbaik yang pernah ada, dengan desain yang sangat besar yang berusaha menarik perhatian konsumen yang sibuk di jalan. Ukurannya yang besar memberikan pengaruh ekstra, namun mereka harus kreatif dan tidak hanya berukuran besar. 

Selanjutnya Anda tertarik untuk mencari nomor telepon atau alamat iklan itu untuk segera memesannya. Bahkan Anda mencari website serta koordinat tempatnya, Anda benar-benar perlu mendapatkan pizza itu. Hadirin sekalian, itulah kekuatan magnet dari iklan billboard yang brilian.

Kampanye periklanan Billboard dapat mengguncang segalanya; entah itu dengan menggunakan material berbeda, atau membuat desain yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.  Berikut ini adalah beberapa contoh iklan kreatif penuh inspirasi.

“Bic Razor” oleh TBWA UK untuk Bic

Berpikirlah secara kiasan dengan menggunakan pisau cukur untuk memotong rumput, merek ini jelas menyatakan bahwa pisau ini sangat tajam– dan itu adalah kebutuhan yang dapat kita hubungkan.

“Tunnel” oleh Demner, Merlicek & Bergmann untuk Restoran Oldtimer

Ganggu pemandangan dengan iklan yang membuat penonton benar-benar tenggelam di dalamnya.